nasi-goreng

5 Makanan Menu Buka Puasa

Berbagi kebaikan di bulan puasa adalah hal yang harus dilakukan. Anda dapat membuat berbagai menu makakanan untuk berbagi santapan sahur atau berbuka. Lantas, dari begitu banyaknya menu yang ada, apa saja menu yang pas untuk berbagi kepada sesama? Berikut berbagai macam pilihan menunya.

nasi-goreng

Nasi Goreng dengan Telur Mata Sapi

Menu pertama yang sangat mudah untuk anda masak sendiri di rumah adalah nasi goreng. Anda hanya memerlukan beberapa bahan tambahan seperti suwiran daging ayam, bakso atau sosis. Kemudian menu nasi goreng akan semakin lengkap dengan satu butir telur goreng yang masih hangat.

Nasi goreng juga sangat fleksibel karena dapat disantap di berbagai waktu. Mulai dari pagi yakni sahur dan malam ketika berbuka. Kemudian anda bisa berbagi kebaikan dan memberi sedikit kebahagiaan dengan sesama melalui nasi goreng. Mungkin saja tetangga anda belum sempat memasak sahur ataupun berbuka puasa.

Pecel Lele

Selain membuat sendiri, Anda juga bisa memesan makanan untuk berbagi santapan berbuka kepada sesama. Menu pilihan yang dapat Anda beli adalah pecel lele. Seporsi pecel lele biasanya di banderol dengan harga Rp 15 ribuan.

Anda tidak perlu khawatir, sebab pecel lele sangat cocok disantap oleh lidah orang Indonesia. Sehingga menu ini masih bisa anda andalkan bersama keluarga selama bulan puasa. Selain harga yang murah, pecel lele juga memiliki kandungan gizi seperti protein hewani harian sebagai salah satu gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tumis Sayuran Beraneka Warna

Jika ingin memberikan sayuran berbeda, tumis sayuran aneka warna bisa menjadi salah satu rekomendasi buka puasa yang mudah. Anda bisa memasak sendiri di rumah dengan berbagai macam sayuran aneka warna dan tetap bisa menggugah selera. Sayuran seperti wortel, brokoli, sawi ataupun tauge menjadi beberapa sayuran yang bisa anda gunakan dalam menu tumisan. Jangan lupa untuk menambahkan garam, merica, bawang merah, bawang putih dan kecap asin. Kemudian anda juga bisa menambahkan berbagai macam lauk seperti udang dan telur puyuh ke dalam tumisan. Selain terjangkau, menu buka puasa untuk berbagi kebaikan ini pun juga mudah dibuat.

Bila Anda ingin terus memberikan sajian tumis sayuran ini, Anda dapat mengganti pilihan sayuran, atau mengganti telur puyuh dengan potongan daging ayam, potongan daging sapi, hingga tahu yang kaya dengan kandungan protein.

Telur Penyet

Menu yang keemapat adalah telur penyet yang bisa anda gunakan saat membuat sajian menu buka puasa selanjutnya. Anda tinggal membeli beberapa butir telur bergantung dari banyaknya porsi yang akan Anda buat, kemudian anda bisa menyajikan telur tersebut dalam bentuk telur rebus, telur dadar atau bahkan telur mata sapi. Selanjutnya anda hanya perlu menambahkan sambal terasi sebagai pelengkap untuk menu telur penyet spesial yang anda buat. Campurkan telur dan sambal terasi, dan kemas dengan rapi di kardus.

Sayur Bening

Sayur bening merupakan menu yang praktis, saat Anda ingin berbagi santapan buka puasa namun tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Bahan yang digunakan untuk membuat sayur bening ialah jagung, bayam, rempah, bawang putih, merah, gula, garam dan merica. Selain sayur bening, Anda bisa menambahkan bakwan jagung sebagai menu tambahan.

Bulan puasa menjadi saat yang tepat untuk berbagi kebaikan kepada keluarga dengan menyajikan menu yang sehat dan bahkan berbagi kepada sesama, seperti tetangga dan orang-orang yang terdekat dari rumah anda.

Leave a Reply