Batik (gambar dari Indonesia is Calling)

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Pakai Baju Batik

Waktu duduk di bangku sekolah, kita nggak pernah bertanya kenapa harus pakai baju seragam. Dan kita juga nggak pernah ngeluh ketika diwajibkan pakai batik di hari-hari tertentu. Tapi ketika beranjak dewasa, beberapa di antara kita justru malu pakai baju batik. Padahal, batik adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang diakui oleh UNESCO sejak 2 oktober 2009 lalu sebagai salah satu Warisan (dunia) Non Benda. Seharusnya, predikat tersebut bikin kita bangga karena batik tidak hanya populer di Indonesia, melainkan juga mulai dikenal hingga ke seluruh dunia.

Batik (gambar dari Indonesia is Calling)
Batik (gambar dari Indonesia is Calling)

Ngomong-ngomong soal batik, di Indonesia, ada berbagai macam batik yang biasanya dibedakan berdasarkan daerah asalnya atau motifnya. Misalnya, di Jawa ada batik Solo. Batik Solo memiliki beberapa macam motif, di antaranya adalah: motif Kawung, Parang, Truntum, Sidomukti, Satrio Manah, Semen Rante, Sawat, dan lain-lain.

Jika zaman dahulu batik lebih banyak digunakan dalam bentuk kain sebagai jarik. Dewasa ini, kreasi batik semakin beragam. Ada yang dibuat menjadi baju/kemeja, blus, tas, sepatu, dan berbagai jenis aksesoris termasuk gelang.

Batik memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan memiliki nuansa historis serta makna yang sangat dalam. Sebagai bangsa Indonesia, sudah sewajarnya apabila kita berbangga hati ketika mengenakan baju batik. Bagi kamu yang masih malu-malu buat pakai batik, entah itu untuk pergi kondangan, menghadiri pesta pernikahan, atau buat sekedar jalan-jalan, kamu wajib menyimak 5 alasan mengapa kamu harus bangga pakai baju batik berikut ini agar kamu lebih pede saat mengenakannya.

Bukti Cinta pada Negeri

Kalau kamu mengaku cinta NKRI, setidaknya kamu nggak boleh malu kalau pakai sesuatu yang mencirikan Indonesia. Nah, salah satunya adalah baju batik.

Pakai Batik = Keren

Batik bisa bikin kamu tampil lebih keren dan elegan. Kalau dulu, batik sering diidentikkan dengan orang-orang tua, kuno, dan ketinggalan zaman. Tapi sekarang, seiring dengan perkembangan zaman dan fashion. Batik bertransformasi menjadi fashion items yang modern dan gaya.

Lihat saja, tidak hanya kalangan pejabat yang gemar pakai batik. Melainkan, semakin banyak anak muda termasuk artis yang juga hobi pakai batik. Itu karena batik modern, mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, batik sering dijadikan sebagai tema utama dalam pagelaran fashion show, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Cinta Produk Dalam Negeri

Kalau kamu pengen negara ini lebih maju, kamu wajib mencintai produk-produk dalam negeri. Buktikan dengan membeli dan menggunakan produk-produk tersebut. Dengan membeli batik, kamu juga akan turut menggerakkan roda ekonomi di negara ini.

Untuk Mempromosikan Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia

Pakai batik nggak harus hanya ketika pergi ke kondangan atau menghadiri acara-acara resmi. Kamu juga bisa memakai batik ketika pergi jalan-jalan ke luar negeri. Selain bikin kamu tampil beda, batik yang kamu kenakan juga bisa sekaligus menjadi ajang promosi untuk mengenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

Batik Punya Makna dan Filosofi

Batik punya makna dan filosofi yang bisa bikin kamu bangga mengenakannya. Ya, motif batik, terutama motif batik otentik, nggak hanya sekedar corak dan gambar. Melainkan, di dalamnya terkandung makna yang sangat dalam dan luas. Coba deh gali sejarah dan makna motif-motif batik Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *