Posted in Sponsored Post

Menciptakan Medan yang Tertib Lalu Lintas

Kemacetan sepertinya telah menjadi bagian dari kota metropolitan Medan, seperti kota-kota di Indonesia lainnya. Sumber kemacetan pun bisa berasal dari berbagai hal dan cukup kompleks untuk dapat diselesaikan. Namun demikian, menyelesaikan permasalahan ini bukanlah hal yang mustahil. Kerjasama dan pemahaman antara berbagai pihak merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam menciptakan kota Medan yang tertib lalu lintas.

lalu-lintas

Kerjasama untuk Tertib Lalu Lintas di Medan

Pertama, menerapkan perilaku disiplin berlalu lintas. Bisa dibilang bahwa faktor pertama inilah yang akan sangat mempengaruhi tertib atau tidaknya lalu lintas di jalanan. Pemahaman yang diikuti dengan tindakan para pengguna jalan dan pengendara menjadi kunci utama. Kemacetan memang hal yang tidak dapat terhindarikan, terutama ketika sedang jam sibuk. Walaupun memang di kasus lain, terkadang kemacetan yang terjadi disebabkan oleh banyak pengendara yang melanggar lampu merah. Meskipun demikian, jika setidaknya para pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas, maka bukankah kemacetan tidak akan terlalu parah? Nah, tentunya harus ada peraturan yang tegas di awal terlebih dahulu sehingga bisa ditaati oleh para pengguna jalan.

Kedisiplinan warga seharusnya beriringan dengan ketegasan petugasnya dalam menegakkan peraturan berlalu lintas yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan terkadang masih banyak pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas ketika tidak ada petugas yang berjaga baik dari kepolisian atau Ditlantas. Ketika belum saatnya lampu merah, para pengendera sudah menerobos. Banyak juga pengendara terutama roda dua yang akhirnya mengambil area pedestrian agar terhindar dari kemacetan. Sehingga, kehadiran petugas untuk mengawasi dan mengatur lalu lintas sangat diperlukan. Petugas harus bertindak tegas, bukannya membiarkan pengendara yang melanggar tersebut begitu saja.

Memberikan infrastruktur jalan yang baik untuk mengurangi kemacetan. Sering sekali terjadi jalanan yang berlubang memperparah situasi macet di perkotaan. Mulai dari jalanan aspal yang memang sudah tua, aspal yang berkualitas rendah, atau pun galian-galian karena proyek, menyebabkan laju kendaraan menjadi terhambat. Nah, tertahannya laju kendaraan inilah yang akhirnya mengakibatkan kemacetan. Oleh karena itu, meminimalisir jalanan yang rusak dan memperbaikinya dengan segera merupakan salah satu cara agar kemacetan dapat teratasi. Meskipun demikian, terkadang alih fungsi jalan akibat penggunaan untuk acara tertentu juga mengakibatkan kemacetan. Tetapi, alih fungsi karena hal ini hanya bersifat sementara sehingga mungkin hanya dibutuhkan penertiban saja.

Kesemuanya bisa terwujud apabila pemerintah kota Medan bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah pihak swasta yang turut membantu mendorong pembangunan sarana dan prasarana lalu lintas yang lebih baik, seperti PT. Astra. Menjelang peringatan inspirasi 60 tahun Astra, perwujudan kota Medan sebagai kota tertib lalu lintas dapat terwujud secara nyata berkat kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat secara bergotong royong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *