Kampung Berseri Astra-Kampung Alue Naga Aceh

Potensi Besar Kampung Alue Naga Aceh

Kampung Berseri Astra atau KBA merupakan sebuah program pengembangan kampung yang sepenuhnya didukung oleh PT Astra Internasional (Tbk.). Program ini dilakukan untuk mengoptimalkan potensi setiap kampung di Indonesia. Astra akan memberikan dukungan berupa pembekalan ilmu dan pendampingan hingga setiap kampung bisa berkembang sesuai potensi yang dimiliki.

Kampung Berseri Astra-Kampung Alue Naga Aceh

Ada 4 pilar CSR (corporate social responsibility) yang dijadikan sebagai bahan penilaian KBA yaitu pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kewirausahaan. Astra membagi KBA ke dalam 4 kelompok yaitu kampung wisata, kampung cyber, kampung budaya, kampung produktif, dan kampung hijau. Hal ini dilakukan karena setiap kampung memiliki potensi dan fokus yang berbeda-beda.

Sudah ada lebih dari 70 kampung di Indonesia yang menjadi anggota dari KBA. Salah satu kampung yang menjadi bagian dari KBA adalah kampung Alue Naga Aceh. Kampung ini berlokasi di Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Kampung ini dinobatkan sebagai bagian dari KBA pada tahun 2016 dan saat ini terus berkembang menjadi semakin baik.

Fokus Pilar Kampung Alue Naga Aceh

Setiap kampung yang dinobatkan sebagai Kampung Berseri Astra memiliki potensi masing-masing. Salah satu potensi yang dimiliki oleh kampung Alue Naga Aceh datang dari bidang budidaya tiram yang dilakukan oleh masyarakat. Kampung Alue Naga Aceh memiliki banyak petani tiram dan mereka memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Alue Naga Aceh.

Sebelum dinobatkan sebagai KBA, petani tiram di Kampung Alue Naga Aceh melakukan budidaya tiram dengan metode tradisional. Metode tradisional ini dinilai kurang efektif karena petani tiram harus berada di dalam air selama berjam-jam. Dari segi produktivitas juga metode tradisional budidaya tiram dinilai sangat kurang sehingga Astra berusaha memberikan pendidikan dan pembekalan teknik budidaya tiram yang lebih maju.

Pilar-Pilar di Kampung Alue Naga Aceh

Kampung Alue Naga Aceh berusaha mengembangkan potensi diri berdasarkan 4 pilar CSR yang berlaku untuk program KBA. Untuk pilar kesehatan, masyarakat kampung Alue Naga Aceh mengembangkan program posyandu dan sosialisasi PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat dengan harapan mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat.

Sementara itu untuk pilar pendidikan, lebih difokuskan pada pengembangan pendidikan anak usia dini atau PAUD. Untuk pilar lingkungan, masyarakat Alue Naga Aceh mendapatkan pembekalan mengenai penghijauan desa serta pembangunan tambak tiram yang ramah lingkungan. Sedangkan untuk pilar kewirausahaan, dilakukan program pelatihan pengolahan tiram dan bimbingan koperasi.

Setiap pilar ini perlu dimaksimalkan agar kampung Alue Naga Aceh bisa menjadi kampung yang maju dan bermanfaat terutama bagi masyarakatnya. Diharapkan melalui pembimbingan yang diberikan oleh Astra, kesejahteraan masyarakat kampung Alue Naga Aceh menjadi semakin meningkat. Namun, hal ini juga harus didukung oleh kerja keras masyarakat agar program bisa berjalan dengan lancar.

Kemajuan Lingkungan dan Perekonomian Kampung

Sejak dinobatkan sebagai anggota dari KBA, banyak kemajuan yang sudah didapatkan oleh kampung Alue Naga Aceh. Kini budidaya tiram menjadi semakin maju dan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Pendidikan dan kesehatan masyarakat juga terus meningkat kualitasnya sehingga diharapkan bisa menciptakan masa depan yang cerah bagi masyarakat.

banner-kba

Kondisi lingkungan kampung Alue Naga Aceh juga semakin baik setelah kampung ini menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra. Hingga saat ini program bimbingan dan pembekalan terus dilakukan demi mendapatkan hasil terbaik bagi masyarakat kampung Alue Naga Aceh. Astra menjalankan program ini tanpa memberikan bantuan uang melainkan melalui pembekalan ilmu dan pemberian bimbingan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *