cari-kerja

Tips Mencari Kerja di Australia Part Time untuk Para Mahasiswa

Banyak orang yang mengidam-idamkan untuk kuliah ke luar negeri, karena bagaimanapun kualitas pendidikan yang ada di negara orang memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Sebut saja diantaranya adalah Australia, siapa yang tidak mengenal negara Kanguru ini. ada banyak sekali di antara universitas ternama yang ada disana, mulai dari yang menawarkan pendidikan bisnis, sains hingga ilmu politik. Bahkan tak jarang pula diantara lulusannya yang memilih kerja di Australia, bukan tanpa alasan, melainkan karena gaji yang ditawarkan tergolong cukup besar dan kualitas hidupnya juga termasuk salah satu yang terbaik di dunia.

Sebenarnya untuk Anda sendiri yang sedang mengenyam bangku pendidikan di Australia juga tetap bisa menambah uang saku selama berada disana, caranya adalah dengan bekerja. Apalagi untuk mengenyam pendidikan di negara orang maka biaya yang harus dikeluarkan juga tak bisa dikatakan sedikit, sehingga mau tidak mau beberapa orang harus mengimbanginya dengan mengambil pekerjaan tambahan atau part time. Dengan demikian maka nantinya mereka bisa mendapatkan uang tambahan, paling tidak digunakan untuk biaya hidup selama berada disana.

cari-kerja

Untuk itulah berikut ini ada tips untuk mencari kerja di Australia, khususnya part time untuk siswa internasional, diantaranya yang bisa Anda coba adalah:

  1. Gabung dalam situs pencarian kerja secara online, ada banyak sekali diantara situs-situs lowongan kerja online Australia yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, diantaranya adalah Gumtree, Seek jobs dan masih banyak lagi diantaranya. Informasi mengenai lowongan kerja disana terbilang sangat up-to-date dan akan secara langsung masuk ke email Anda ketika sudah mendaftarkan diri.
  2. Cek juga beberapa perusahaan besar yang sering kali menawarkan pekerjaan part time, untuk mahasiswa sendiri tentunya posisi yang ditawarkan juga tergolong masih rendah, seperti diantaranya adalah dengan menjadi waiters di rumah makan dan sejenisnya, namun lumayan karena gaji yang ditawarkan adalah per jam. Sehingga paling tidak nantinya akan sangat membantu kondisi finansial Anda.
  3. Rajin cek job board yang ada di kampus, manfaatkan juga informasi job board yang ada di kampus Anda, karena sering kali banyak diantaranya yang share mengenai lowongan kerja khusus untuk mahasiswa. Bahkan mungkin beberapa diantaranya adalah jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion, sehingga nantinya tidak akan kesulitan di dalam mengawali pekerjaan tersebut.
  4. Menjalin lebih banyak pertemanan atau koneksi dengan mahasiswa yang lain, sangat penting sekali kuliah jauh-jauh ke luar negeri kemudian memperluas jaringan pertemanan internasional, tak hanya dengan mahasiswa yang berasal dari Indonesia saja, karena nantinya jadi lebih banyak informasi, termasuk jika seandainya tengah mencari pekerjaan yang sistemnya adalah part time, siapa tahu mereka akan memberikan informasi lengkap kepada Anda.
  5. Cari pekerjaan secara langsung dengan sistem walk in interview, ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan, dimana sering kali menemukan selebaran atau brosur bertuliskan help wanted untuk beberapa jenis pekerjaan yang sifatnya langsung dan hanya sekali, namun untuk gaji yang ditawarkan sendiri juga tergolong sangatlah besar.

Patut untuk dicoba, dengan kuliah sambil bekerja ini setidaknya Anda juga sudah memiliki pengalaman, sehingga nantinya tidak akan kaget atau shock ketika sudah memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Apalagi kerja di Australia ini juga berbeda dibandingkan dengan luar negeri, mulai dari disiplinitasnya sampai dengan gaji yang diterima, benar-benar dihitung jam atau durasi kerja tersebut dengan gaji dollar. Semua ini tentunya bisa dilakukan asalkan sudah sesuai dengan ketentuan visa pelajar Australia yang Anda miliki.

Leave a Reply