botol-obat

Kesalahan dalam Mengobati Luka Terkena Benda Tajam

Ketika melakukan pertolongan pertama pada luka jari terpotong pisau ternyata tidak sedikit yang melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut sangatlah sederhana, mulai dari cara membersihkannya hingga cara merawatnya. Apakah Anda salah satu dari banyak orang yang pernah melakukan kesalahan di bawah ini?

botol-obat

1. Membersihkan Dengan Alkohol

Banyak sugesti dari masyarakat sekitar yang seringkali mengatakan bahwa membersihkan luka sebaiknya menggunakan alkohol. Obat tersebut tidak bisa digunakan untuk membersihkan luka. Sebaliknya, alkohol justru akan merusak jaringan sehat yang ada di sekitar luka tersebut.

Obat dengan kandungan hidrogen peroksida juga tidak diperkenan untuk membersihkan luka. Hal ini disebabkan oleh zat tersebut justru bisa membuat gumpalan darah sehat mencari pecah. Di sisi lain kurang efektif untuk membunuh kuman.

2. Kebiasaan Mencium Luka

Kebiasaan mencium luka mungkin pernah Anda lakukan ketika masa kecil dan sebagian dari anak-anak juga pernah melakukan demikian. Padahal hal ini sangatlah salah kaprah. Kondisi ini disebabkan oleh mulut orang yang sehat sekalipun pasti terdapat kuman. Jadi, jika Anda mencium luka tadi dengan mulut maka kemungkinannya kuman tadi berpindah ke luka yang terbuka.

3. Salah Memilih Obat

Pemilihan obat untuk mengobati luka tidak boleh disepelekan. Gunakanlah obat luka tidak lengket di kasa agar dapat bekerja dengan efektif. Penggunaan obat oles juga disesuaikan dengan jenis kulit. Apabila Anda alergi terhadap kandungan dalam obat-obatan tertentu silakan komunikasikan kepada dokter terlebih dahulu.

4. Larangan Membungkus Luka

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa apabila membungkus luka, maka akan sulit untuk sembuh. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Menutup luka justru dapat mencegah masuknya kotoran ataupun bakteri pada bagian jari yang terluka. Di sisi lain, menutup luka juga bertujuan untuk menjaga bagian yang terluka dari gesekan agar tidak menjadi lebih parah.

5. Membuka Perban atau Pembalut Luka

Ketika mengganti perban atau pembalut luka, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan pelan. Jika Anda membuka pembalut luka tadi dengan menarik asal, maka akan membuat luka menjadi terbuka lagi. Tips yang bisa Anda terapkan agar tidak terasa sakit dalam membuka pembalut luka adalah dengan merendam air hangat terlebih dahulu.

Leave a Reply